Rabu, 02 Mei 2012

Doa Mohon Keselamatan Lahir Dan Batin


Dalam diri manusia ada dua sisi yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan: lahir dan batin. Keduanya sama-sama penting untuk diperhatikan. Islam sangat peduli pada dua aspek tersebut. Karena itu, dalam syariat Islam, seluruh ibadah mempunyai hikmah dan manfaat yang terkait pada keduanya. Wudhu misalnya, selain membersihkan anggota tubuh juga membersihkan diri dari dosa. Jadi, ada manfaat lahir dan batin yang diraih dalam wudhu.
Sebagai hamba Allah yang lemah, kita dianjurkan untuk terus bermunajat agar dikarunia kesehatan lahir dan batin. Kita pun memohon agar seluruh anggota tubuh dikarunia kesehatan lahir batin; pandangan dan pendengaran kita dijauhkan dari maksiat. Berikut ini doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk meraih tujuan tersebut.
Bacaan Doa Mohon Keselamatan Lahir Dan Batin
“Allaahumma ‘aafini fi badani, allaahumma ‘aafinii fii sam’ii, allaahumma ‘aafinii fii basarii. Allaahumma innii a’uuzubika minal kufri wal faqri, allaahumma innii a’uuzubika min ‘aazaabil qabri, laa ilaaha illaaanta.”
Arti Doa Mohon Keselamatan Lahir Dan Batin
“Ya Allah, anugerahkanlah kesehatan pada badanku. Ya Allah, anugerahkanlah keselamatan pada pendengaranku. Ya Allah, anugerahkanlah keselamatan pada penglihatanku. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kemiskinan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Tiada Tuhan melainkan Engkau. (H.R. Abu Daud)”
* Mohon maaf, untuk teks / tulisan Arab untuk saat ini belum bisa ditampilkan. Tapi insya'allah tulisan bacaan di atas sudah sesuai dengan bacaan bahasa Arab-nya, termasuk panjang pendek dan tajwid-nya. Apabila ada kesalahan, harap disampaikan pada form komentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar