Minggu, 29 April 2012

Doa Ketika Menghadapi Kesulitan


Kesulitan dan halangan seakan merupakan hukum alam yang mesti dihadapi setiap orang. Untuk memecahkan sendiri masalah tersebut seringkali manusia terlampau lemah. Karena itu, kadangkala dia harus meminta pertolongan orang lain. Tetapi, orang lain itu juga tidak bisa menjamin dapat menyelesaikan masalah. Yang dijamin bisa melakukannya adalah Allah yang mengatur segala kehidupan manusia. Allah yang menurunkan masalah, Allah pula yang menghapuskannya. Karena itu, bersandar kepada Allah adalah sebuah kemestian. Keyakinan dan kebiasaan seperti ini perlu kita camkan dan laksanakan dalam kehidupan sehari-hari.
Doa berikut ini mengandung pelajaran penting bagi kita. Dalam segala urusan kita mesti tawakal kepada Allah. Dalam doa ini terdapat permohonan agar Allah tidak menyerahkan urusan atau masalah itu sekejap mata pun kepada kita tanpa bantuan-Nya. Sebab, tiada daya dan upaya kecuali hanya milik-Nya. Kita tidak ingin sedetik pun ditinggal oleh-Nya. Kita mengemis uluran tangan-Nya setiap saat dan setiap waktu. Yang kita mau Allah senantiasa menolong, membimbing, dan mengasuh kita, tanpa henti.
Bacaan Doa Ketika Menghadapi Kesulitan
“Allaahumma rahmataka arju, fala takilnii ilaa nafsii tarfata ‘ainin wa aslih li sya ‘nii kullahu laa ilaaha illa anta”
Arti Doa Ketika Menghadapi Kesulitan
“Ya Allah, aku sangat mengharapkan curahan rahmat-Mu, maka janganlah Engkau menyerahkan urusanku pada diriku sekejap mata pun, dan baguskanlah segala keadaan bagiku. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. (H.R. Abu Daud)”
* Mohon maaf, untuk teks / tulisan Arab untuk saat ini belum bisa ditampilkan. Tapi insya'allah tulisan bacaan di atas sudah sesuai dengan bacaan bahasa Arab-nya, termasuk panjang pendek dan tajwid-nya. Apabila ada kesalahan, harap disampaikan pada form komentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar